BLANTERORIONv101

Rekomendasi Penerbit Ramah Pemula

23 Mei 2022

Rekomendasi Penerbit untuk Pemula

"Setiap penulis tentu naskahnya ingin diterbitkan jadi buku. Tapi banyak penulis yang ragu apakah naskahnya bisa diterbitkan atau tidak?" 

Dan sebagian lainnya para Penulis bingung untuk bagaimana cara menerbitkan buku?

Ada 3 jenis penerbit, bagi yang belum mengenalnya kami sudah buatkan penjelasannya sendiri yang bisa dipelajari :

Klik Disini

Definisi Penerbit

Penerbit adalah seseorang atau suatu pihak yang bertindak menerbitkan buku, majalah atau jurnal. Hal itu sesuai dengan pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, “penerbit adalah orang dan sebagainya yang menerbitkan, atau perusahaan dan sebagainya yang menerbitkan buku, dan majalah.” (Depdiknas, 2014: 1450).

Tugas Penerbit

Tugas penerbit adalah Menggandakan Naskah, Mencari pengarang/penulis, Memperkirakan biaya produksi (meliputi bahan baku, distribusi), Mengestimasi daya jual, Menghubungi desainer, Hubungi percetakan, Promosi dan distribusi, Perjanjian penerbit.

Penerbit dan Percetakan apakah Sama?

Salah satu perbedaan yang terlihat jelas antara penerbit dan percetakan adalah penulis bisa mengirim/menawarkan naskahnya kepada penerbit untuk diterbitkan, sementara hal yang sama tidak berlaku bagi percetakan. Percetakan tidak punya dewan redaksi yang bisa menilai sebuah naskah apakah layak terbit atau tidak.

Fungsi Penerbit

Berdasarkan fungsinya, berikut ini adalah beberapa fungsi utama penerbit(Trimansyah, 2009). Mengakuisisi naskah/melakukan pengadaan naskah dengan cara promosi pengadaan naskah atau menghubungi penulis. Menyeleksi naskah yang layak terbit. Merencanakan jadwal penerbitan naskah dan tenggat waktunya (deadline).

Rekomendasi Penerbit Ramah Pemula

Nah, sudah jelaskan ya? Dengan pembahasan dunia penerbit. Kini saatnya cari tahu, rekomendasi penerbit yang ramah untuk pemula.

Pastikan PENERBIT itu sudah beranggota IKAPI. Mengapa?

Karena setiap PENERBIT yang merupakan anggota IKAPI berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penerbitan buku dan memperjuangkan kepentingan anggota dan industri penerbitan buku di Indonesia.

Pada skala nasional maupun internasional, Ikatan Penerbit Indonesia berperan dalam menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan dalam bidang penerbitan buku dan turut berkontribusi dalam kegiatan-kegiatannya.

Selain itu, Ikatan Penerbit Indonesia juga berperan dalam pengelolaan acara hukum dan kegiatan lain yang sejalan dengan dengan asas Pancasila, gotong royong, dan kekeluargaan.

Jadi jelas secara professionalitasnya dan untuk memastikan naskah yang Anda tulis, tidak asal-asalkan dikerjakan dengan memilih PENERBIT yang merupakan anggota IKAPI.

Salah satunya PENERBIT yang merupakan anggota IKAPI adalah Ciptakarya Paramacitra.

Penutup

Silahkan Anda untuk :

  1. Bagikan artikel ini kepada teman-teman lainnya agar kita bersama-sama bisa saling belajar.
  2. Klik tombol bagikan yang ada dibawaha.
  3. Silahkan diskusikan komentar Anda di kolom pendapat

Punya naskah yang ingin diterbitkan?

Klik Disini
Ciptakarya Paramacitra
Kami bertujuan untuk mencapai posisi kepemimpinan pasar yang berkelanjutan dengan memberikan nilai yang baik dari keberlimpahan dan keberkahan kepada klien melalui inovasi yang berkelanjutan, proses terbaik dan menjadikan orang-orang yang bekerjasama dengan kami menjadi hebat.

Komentar