BLANTERORIONv101

Anggota Ikapi Jabar

21 Mei 2022

 

Anggota Ikapi Jabar

Buat teman-teman penulis dan calon penulis...!!

Mungkin, saat ini bertanya-tanya apakah Ciptakarya Paramacitra sudah menjadi anggota IKAPI?

Berikut otentik Tanda Keanggotaan Kami di IKAPI Jawa Barat area Cirebon.

Sejarah Singkat IKAPI JABAR

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) adalah asosiasi profesi penerbit satu-satunya di Indonesia yang menghimpun para penerbit buku dari seluruh Indonesia. IKAPI didirikan pada tanggal 17 Mei 1950 di Jakarta. Para pelopor dan inisiator pendirian IKAPI adalah Sutan Takdir Alisjahbana, M. Jusuf Ahmad, dan Nyonya A. Notosoetardjo. Pendirian IKAPI didorong oleh semangat nasionalisme setelah Indonesia merdeka tahun 1945.

IKAPI kemudian dibentuk sebagai organisasi profesi penerbit buku berasaskan Pancasila, gotong royong, dan kekeluargaan. Atas kesepakatan para pendiri IKAPI diangkatlah Achmad Notosoetardjo sebagai Ketua pertama IKAPI, Ny. Sutan Takdir Alisjahbana sebagai wakil ketua, Machmoed sebagai sekretaris, M. Jusuf Ahmad sebagai bendahara, dan John Sirie sebagai komisaris. Pada masa awal tersebut bergabung tiga belas penerbit sesuai dengan buku yang disusun Mahbub Djunaidi dan versi lain dari Zubaidah Isa menyebutkan jumlah empat belas penerbit bergabung pada masa awal IKAPI tersebut. Namun, baik Mahbub maupun Zubaidah tidak menyebutkan siapa saja penerbit yang bergabung tersebut.

Keanggotaan IKAPI yang tercatat hingga Januari 2018 adalah 1488 anggota penerbit dari seluruh Indonesia. Konsentrasi penerbit terbesar masih di Pulau Jawa dan sisanya tersebar di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, termasuk juga Bali, NTT, NTB, dan Papua.

Tujuan IKAPI

Ikapi bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peran literasi dalam kehidupan publik dan mengembangkan industri penerbitan buku, sebagai upaya untuk berkontribusi aktif dalam pendidikan dan peningkatan peradaban bangsa.

Fungsi IKAPI

Ikapi berfungsi sebagai sarana dan pusat komunikasi, informasi, konsultasi, advokasi dan pelatihan untuk industri penerbitan buku di Indonesia.

Peran IKAPI

Sebagai komunitas penerbitan buku di Indonesia, Ikapi memiliki peran sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penerbitan buku.

  2. Berjuang untuk kepentingan anggota dan industri penerbitan buku

  3. Establishing collaboration with all parties related to book publishing, both on national and international level.

  4. Pioneering, pushing and contributing in national and international books activities.

  5. Managing legal events and conducting other efforts which do not contradict Ikapi’s principles and aims.

Semoga Allah menjodohkan kita untuk dapat ngobrol banyak, belajar bareng bahkan bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama. Aamiin

Ciptakarya Paramacitra
Kami bertujuan untuk mencapai posisi kepemimpinan pasar yang berkelanjutan dengan memberikan nilai yang baik dari keberlimpahan dan keberkahan kepada klien melalui inovasi yang berkelanjutan, proses terbaik dan menjadikan orang-orang yang bekerjasama dengan kami menjadi hebat.

Komentar