BLANTERORIONv101

Cara Praktis Promosi Buku untuk Penulis

8 Oktober 2022


Cara Praktis Promosi Buku untuk Penulis

Mempromosikan buku adalah bagian penting dari menulis

Mempromosikan buku

Baik pra-publikasi atau pasca-publikasi - merupakan langkah penting menuju penjualan yang berhasil. Memilih kapan dan bagaimana mempromosikan pekerjaan Anda memaksimalkan potensi penjualan dan umpan balik dari pembaca potensial.

Ada beberapa strategi efektif untuk mempromosikan semua jenis pekerjaan, termasuk buku, dengan sedikit biaya atau usaha. Pada akhirnya, kesuksesan di bidang apa pun membutuhkan kerja keras!

Sosialisasi Sebelum Buku Diterbitkan

Mempromosikan buku dalah bagian penting dari menulis. Penting untuk mempromosikan buku sebelum ditulis agar orang tahu tentangnya. Setelah buku itu ditulis, mempromosikannya menjadi lebih penting. Orang perlu tahu tentang buku Kamu sehingga mereka dapat membelinya dan memberi Kamu umpan balik tentangnya. Mempromosikan buku itu mahal tetapi ada banyak pilihan untuk melakukannya dengan biaya yang efektif.

Promosi Sebelum Terbit

Adalah penting bahwa buku-buku dipromosikan sebelum diterbitkan. Setelah menulis buku Kalian, Kalian perlu mempromosikannya dengan mengatur acara, menulis ulasan dan posting media sosial.

Namun, tidak ada yang akan tahu tentang buku Kalian kecuali seseorang telah mempromosikannya terlebih dahulu. Orang mungkin berpikir bahwa mempromosikan setelah publikasi sudah cukup, tetapi itu tidak pernah cukup! Pembaca potensial harus tahu tentang buku Kalian sehingga mereka dapat membelinya dan memberi Kalian umpan balik tentangnya. Mempromosikan buku itu mahal; tetapi ada banyak cara untuk melakukannya secara efektif.

Strategi Promosi Buku

Seringkali berbiaya rendah dan usaha rendah. Misalnya, Anda dapat mempromosikan buku Anda dengan membagikan bab sampel gratis atau melalui posting media sosial dengan tautan infografis untuk membeli versi lengkap buku Anda secara online melalui situs web atau blog Anda.

Anda juga dapat menyelenggarakan giveaway untuk salinan buku Anda menggunakan situs web pemberian online. Strategi ini sangat bagus untuk menyebarkan berita tentang buku Anda tanpa mengeluarkan uang sama sekali!

Ada juga banyak sumber online gratis yang menawarkan panduan tentang cara mempromosikan buku dengan harga murah, dengan mengembangkan Traffic secara maksimal. Pada dasarnya, jika Anda bersedia meluangkan waktu dan upaya untuk menyebarkan berita tentang buku Anda, ada beberapa cara mudah untuk melakukannya dengan biaya yang efektif.

Sebelum Buku Terbit

Sebelum menerbitkan buku, Kamu harus mempromosikannya. Melakukannya memastikan bahwa orang tahu tentang buku Anda dan dapat membelinya. Anda dapat mempromosikan buku dengan berbagai cara, seperti melalui :

  • Media sosial,
  • Pemasaran jalanan,
  • Surat langsung atau dengan mengadakan acara atau bedah buku.

Setiap metode berguna untuk mempromosikan buku tetapi harus disesuaikan dengan target audiens.

Misalnya, mempromosikan buku melalui media sosial harus cepat dan mudah. Pemasaran jalanan adalah pilihan yang baik untuk mempromosikan buku kepada orang-orang yang tinggal di daerah Anda, sementara mengirimkan materi ke jurnal sastra menargetkan penulis dan editor berpengalaman.

Juga, adakan bedah buku yang menargetkan orang-orang di bidang keahlian Anda. Karena setiap penulis memiliki metode mereka sendiri untuk mempromosikan buku mereka, masing-masing memiliki strategi sendiri untuk melakukannya.

Sumber Informasi

Buku selalu menjadi sumber hiburan dan informasi. Dari zaman kuno hingga hari ini, buku telah mengajar dan menghibur kita. Sepanjang sejarah, ratusan genre baru telah muncul dari imajinasi penulis, semakin meningkatkan basis pengetahuan kita. 

Mempromosikan dan menjual buku adalah bagian dari karir sastra setiap penulis, fiksi atau nonfiksi. Penerbit bertanggung jawab untuk menemukan penulis yang tepat dan mempromosikan karya mereka melalui keputusan pemasaran yang etis. Pemasar menarik pembaca dengan penempatan yang tepat dan harga yang wajar, sementara penulis buku mempromosikan karya mereka melalui praktik penjualan yang baik di tempat yang tepat.

Buku Best Seller

Di pasar yang kompetitif saat ini, mempromosikan dan menjual buku adalah kerja keras. Penerbit perlu menemukan penulis yang tepat untuk buku mereka dan membantu mereka membangun karier sastra yang sukses. Kegagalan untuk melakukannya akan membuat pembaca kehilangan literatur berkualitas dan mengurangi penjualan buku penerbit.

Selain memilih materi yang tepat, penerbit harus merencanakan ke depan dengan merilis buku mereka tepat waktu untuk memanfaatkan tren saat ini. Selain itu, mereka harus hati-hati memilih pembaca yang akan membeli buku mereka.

Buku yang ditulis dengan baik adalah alat pemasaran yang baik untuk penerbit. Banyak penulis menggunakan media sosial, kampanye email, dan surat langsung untuk mempromosikan buku mereka.

Mempromosikan pekerjaan Anda di media sosial sangat penting karena platform ini menjangkau audiens langsung dan menghasilkan penjualan. Kampanye media sosial juga dapat membangun audiens untuk buku Anda yang nantinya dapat Anda jual barang dagangannya. Penulis juga berhasil mempromosikan buku mereka melalui email, di mana mereka dapat mengarahkan penjualan buku mereka ke pasar tertentu. Surat langsung adalah metode promosi yang lebih memakan waktu tetapi juga dapat menghasilkan penjualan yang substansial.

Mempromosikan novel lebih memakan waktu daripada mempromosikan buku non-fiksi. Karena novel memerlukan elemen visual untuk pemasaran, penulis harus membuat brosur, iklan, poster, dan lainnya. Brosur dan iklan harus fokus pada kualitas sastra buku yang bertentangan dengan kualifikasi penulis. Selain itu, penandatanganan buku harus diadakan di perpustakaan dan lokasi umum lainnya sebagai lawan dari klub dan tempat eksklusif. Penandatanganan buku adalah jalan yang bagus untuk penulis baru karena gratis dan menyediakan audiens yang mau membeli buku.

Penutup

Mempromosikan buku adalah bagian penting dari penerbitan. Banyak penulis menganggap mempromosikan buku mereka menyenangkan dan bermanfaat. Namun, kebanyakan penulis tidak mempromosikan buku mereka secara efektif.

Mereka mempromosikan buku-buku mereka menggunakan strategi usang yang tidak berfungsi dengan baik lagi. Itulah mengapa penting untuk mempelajari teknik promosi buku baru.

Strategi promosi buku bervariasi berdasarkan jenis penulis Anda dan seberapa baik Anda menulis. Mengiklankan buku Anda adalah strategi yang sangat baik untuk penulis dengan keterampilan menulis yang baik. Anda dapat mengiklankan buku Anda menggunakan iklan koran, majalah, radio atau televisi.

Anda juga dapat menyewa humas untuk mempromosikan buku Anda melalui siaran pers, wawancara, atau posting media sosial yang terkait dengan topik buku Anda. Misalnya, jika buku Anda tentang bisbol, Anda dapat memposting tentang bisbol di media sosial untuk membangkitkan minat pada buku Anda.

Teknik promosi buku terus berkembang seiring berkembangnya ide-ide baru mengenai cara terbaik untuk mempromosikan karya penulis baru pada waktu peluncuran dan setelah penjualan awal dilakukan tempat.

Metode tradisional seperti beriklan di surat kabar dan majalah menggunakan kupon atau sampel gratis mungkin tidak lagi berfungsi karena pembaca sekarang memiliki akses ke perpustakaan umum di mana mereka dapat dengan bebas mengakses bahan bacaan online gratis tanpa biaya apa pun, apa pun, apa pun, apa pun, berapa pun biaya apa pun, apa pun biaya berapa pun harga berapa pun harga berapa pun harga berapa pun harga mana pun harga yang mereka inginkan!

Setelah membaca artikel ini, silahkan Anda untuk :

  • Bagikan artikel ini kepada teman-teman lainnya agar kita bersama-sama bisa saling belajar.
  • Klik tombol bagikan yang ada dibawah.
  • Silahkan diskusikan komentar Anda di kolom pendapat

Temukan Cara Menulis Buku? Dapatkan Panduannya




Order Disini

Punya naskah yang ingin di cetak?



Terbitkan Disini

Tentang Ciptakarya Paramacitra

Perkenalkan kami adalah Penerbit Berkualitas salah satu divisi usaha dari Ciptakarya Paramacitra yang merupakan anggota IKAPI resmi Jawa Barat dengan Nomor Keanggotaan 377/JBA/2020.

Sebuah BRAND khusus untuk memenuhi kebutuhan tenaga PENGAJAR baik itu Guru, Dosen, Motivator, Trainer, Coach atau tenaga pengajar lainnya.

Maka dari itu kami siap melayani, mengabdi dan membantu menerbitkan buku Anda sampai TERBIT.

Semoga Allah menjodohkan kita untuk dapat ngobrol banyak, belajar bareng bahkan bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama. Aamiin

Ciptakarya Paramacitra
Kami bertujuan untuk mencapai posisi kepemimpinan pasar yang berkelanjutan dengan memberikan nilai yang baik dari keberlimpahan dan keberkahan kepada klien melalui inovasi yang berkelanjutan, proses terbaik dan menjadikan orang-orang yang bekerjasama dengan kami menjadi hebat.

Komentar