BLANTERORIONv101

Mengenal Jenis Naskah Fiksi

15 Agustus 2022

 

Mengenal Jenis Naskah Fiksi

Naskah Fiksi

Yaitu naskah yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel, dan cerita pendek (cerpen).

Selain itu, cerita fiksi bisa diartikan sebagai suatu karya yang menceritakan sesuatu yang tidak ada dan tidak perlu dicari kebenarannya.

Membuat cerita fiksi membutuhkan kekreatifitasan karena dibuat berdasarkan karangan dan bukan kejadian nyata. Bahkan, cerita ini menjadi salah satu yang favorit karena memiliki cerita yang ringan.

Dalam penulisannya, cerita fiksi tidak memiliki batasan karena bergantung pada kreativitas dan imajinasi penulis. Selain itu, cerita fiksi tersusun atas tujuh unsur yang terdiri dari:

  • Tema,
  • Tokoh,
  • Penokohan, 
  • Plot,
  • Latar (tempat, waktu, sosial-budaya),
  • Amanat dan
  • Sudut Pandang

Contoh Pada Kasus FS

Belakangan banyak kalangan yang mendengar dan menyaksikan berita tentang kasus yang dilakukan oleh FS, jika dituliskan dalam karya fiksi maka alur ceritanya memiliki karakter yang jelas, tokoh yang jelas dan punya alur cerita.

Mari kita bedah dari sudut pandang cerita fiksi:

  • Dalam kasus tersebut sudah jelas punya tema yang jelas, yaitu Pelecehan Seksual hingga baku tembak,
  • Tokoh, yang terlibat ada Brigadir R, Bharada E, PC (Istri FC) dan FS
  • Penokohan, yang dikorbankan hingga terjadi konflik adalah Brigadir J
  • Plot Cerita, Brigadir J masuk ke kamera PC lalu menodongkan pistol untuk melakukan pelecehan seksual lalu PC berteriak hingga terdengar oleh Bharada E dan akhirnya terjadi baku tembak,
  • Latar, di rumah Dinasnya Duren 3 yang terjadi pada sore hari,
  • Amanat, seorang ajudan yang tidak menjalankan tugasnya dengan benar,
  • Sudut Pandang, menjadi korban atas terjadinya penembakan.

Note :

Pengakuan pertama yang dipublikasikan oleh pihak FS adalah jenis naskah fiksi yang diperankan untuk melakukan pembunuhan berencana. Karena hasil rekaan, rekayasa dan imajinasi Tersangka dalam menutupi motif yang sebenarnya.

Kembali pada Naskah Fiksi

Kita kembali lagi dalam konteks jenis naskah Fiksi, secara langkah demi langkah, ditentukan dari tema, tokoh, penokohan, plot cerita, latar, amanat, sudut pandang.

Contoh-contoh Cerita Fiksi

Perhatikan dengan seksama dan jelas pada jenis-jenis contoh yang terdapat dalam naskah fiksi, yaitu .....

Fiksi Historis

Merupakan penulisan cerita fiksi yang berdasarkan pada fakta sejarah. Dalam penulisannya, cerita ini terikat oleh fakta-fakta yang dikumpulkan melalui penelitian berbagai sumber, tetapi juga memberi ruang gerak untuk cerita fiksi.

Contoh fiksi historis adalah novel 'Surapati dan Robert Anak Surapati' karya Abdoel Moeis yang berangkat dari fakta sejarah.

Fiksi Biografis

Sama seperti fiksi historis, penulisan cerita fiksi biografis didasarkan pada fakta biografis. Contoh karya fiksi biografis adalah 'Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat' karya Cindy Adam.

Fiksi Sains

Penulisan cerita yang berlandaskan pada fakta ilmu pengetahuan. Contoh penulisan fiksi sains adalah novel berjudul '1984' karya George Orwell.

Cerita Pendek (cerpen)

Merupakan cerita berbentuk prosa pendek.

Novelet

Karya yang panjang tulisannya lebih panjang dari cerpen, tetapi lebih pendek dari novel.

Novel/Roman

Cerita berbentuk prosa yang menyajikan permasalahan secara kompleks dengan penggarapan unsur-unsurnya secara luas dan detail.

Cerita Anak

Karya ini mencakup pengelompokan rentang umur yang beragam mulai dari 3-5 tahun, 6-9 tahun, dan 10-12 tahun.

Novel Remaja

Ditulis dengan target pembaca adalah remaja sehingga menyajikan masalah yang sesuai dengan permasalahan remaja.

Dongeng

Merupakan cerita yang sepenuhnya hasil imajinasi atau khayalan penulis.

Fabel

Merupakan cerita fiksi tentang binatang yang memiliki perilaku seperti manusia. Contoh cerita fabel adalah Si Kancil dan Buaya, Kelinci dan Kura-kura, Tom & Jerry dan sebagainya.

Hikayat

Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk karangan bebas dengan isi cerita mengenai undang-undang, silsilah dan sebagainya.

Legenda

Merupakan cerita fiksi yang bercerita tentang kejadian alam, asal-usul tempat, benda, atau kejadian di suatu daerah. Contoh legenda adalah Tangkuban Perahu, Malin Kundang, Roro Jonggrang dan sebagainya.

Mite

Cerita mite dibuat dengan latar belakang sejarah atau hal-hal yang sudah dipercayai orang banyak bahwa cerita tersebut pernah terjadi. Mite juga biasanya mengandung hal-hal gaib dan kesaktian yang luar biasa.

Contoh jenis ini, adalah:

Seperti apa yang sedang ramai dalam media saat ini antara Gus Samsudin dengan Pesulap Merah yang sedang ramai dibicarakan, dari sudut cerita yang dilakukan oleh Gus Samsudin adalah kerangka cerita Mite.

Cerita Penggeli Hati

Jenis cerita ini dikenal juga dengan istilah cerita noodlehead karena mengandung hampir semua budaya rakyat. Cerita ini biasanya mengandung unsur komedi, omong kosong, kemustahilan, ketololan dan kedunguan.

Namun, di balik unsur komedi yang terkandung, jenis cerita ini biasanya mengandung unsur kritik terhadap perilaku manusia atau masyarakat.

Contoh jenis narasi ini, sering digunakan oleh Rocky Gerung, Denny Siregar, Ade Armando dan lainnya yang sering membagikan pandangannya kepada unsur kritik terhadap perilaku manusia dan masyarakat.

Cerita Perumpamaan

Merupakan dongeng yang mengandung kiasan atau ibarat berisi nasihat dan bersifat mendidik. Sebagai contoh, orang yang pelit akan dinasehati dengan cerita seorang Haji Bakhil.

kesimpulan

Nah, itu dia penjelasan mengenai jenis-jenis cerita fiksi. Sahabat Ciptakarya sudah membaca jenis cerita yang mana saja, nih?

Tema, yaitu gagasan atau ide dasar yang menjadi landasan suatu karya sastra yang terkandung dalam teks. Tokoh, yaitu pelaku dalam cerita. Alur/plot, yaitu urutan kejadian cerita. Konflik, yaitu permasalahan-permasalahan yang dihadapi para tokoh dalam cerita.

Nah, itu dia penjelasan mengenai jenis-jenis naskah fiksi. Sahabat Ciptakarya lebih suka jenis naskah fiksi yang mana saja, nih? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya ^_^

Setelah membaca artikel ini, silahkan Anda untuk :

  • Bagikan artikel ini kepada teman-teman lainnya agar kita bersama-sama bisa saling belajar.
  • Klik tombol bagikan yang ada dibawah.
  • Silahkan diskusikan komentar Anda di kolom pendapat

Temukan Cara Menulis Buku? Dapatkan Panduannya




Order Disini

Punya naskah yang ingin di cetak?



Terbitkan Disini

Tentang Ciptakarya Paramacitra

Perkenalkan kami adalah Penerbit Berkualitas salah satu divisi usaha dari Ciptakarya Paramacitra yang merupakan anggota IKAPI resmi Jawa Barat dengan Nomor Keanggotaan 377/JBA/2020.

Sebuah BRAND khusus untuk memenuhi kebutuhan tenaga PENGAJAR baik itu Guru, Dosen, Motivator, Trainer, Coach atau tenaga pengajar lainnya.

Maka dari itu kami siap melayani, mengabdi dan membantu menerbitkan buku Anda sampai TERBIT.

Semoga Allah menjodohkan kita untuk dapat ngobrol banyak, belajar bareng bahkan bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama. Aamiin
Ciptakarya Paramacitra
Kami bertujuan untuk mencapai posisi kepemimpinan pasar yang berkelanjutan dengan memberikan nilai yang baik dari keberlimpahan dan keberkahan kepada klien melalui inovasi yang berkelanjutan, proses terbaik dan menjadikan orang-orang yang bekerjasama dengan kami menjadi hebat.

Komentar